Setetes Air Hujan

Sinar matahari, Angin dan Pegunungan dan Tumbuhan di Tanah bertuah ini menjadi sangat penting dalam produksi air hujan.
Bagaimana kok bisa terjadi hanya dengan itu ?Begini ketika sinar matahari bersinar, panas mendera permukaan bumi dan permukaan air di muka bumi, terjadilah penguapan, uap air ini dibawa oleh angin ketempat yang lebih renggang tekanan udaranya yaitu daratan, didaratan angin bersama uap air dipaksa naik kepuncak pegunungan. Nah disini nih siuap air yang hangat tadi kedinginan deh, lalu ia berubah menjadi embun halus. embun-embun halustadi berkumpul menjadi tetesan air , lama-lama semakin banyak dan akhirnya turunlah hujan.
Bagaimana peranan tumbuhan yang tumbuh ditanah betuah itu ?Tunggu dulu sabar... sabar... tarik napas dulu mumpung oksigen masih gratis dari Allah, Alhamdulillah segar... sekali.
Sekarang peranan Tumbuhan itu apa sih ?
Peranan Tumbuhan sebagai berikut :
1. Sebagai penurun temperatur di muka bumi sehingga bumi tidak terlalu panas, hal ini menjamin terjadinya iklim yang baik baik bagi kehidupan dan diharapkan uap air akan terkondisi lebih cepat mengembun.
2. Sebagai Penghasil Oksigen.
3. Pengatur aliran air permukaan (run off) dan air tanah.
4. Pengatur kesuburan tanah karena menyediakan humus dan memberi kehidupan cacing dan jasad renik lainnya di dalam tanah.
5. sumber makanan bagi makhluk hidup.
Untuk sementara ini dulu serial green school , esok kita bincang-bincang lagi. OK

UNTUK DI INGAT : TANAMLAH SEPULUH
POHON SAJA SELAMA HIDUPMU, INSYAH ALLAH DUNIA AKAN BERSERI.

0 komentar:

Blog Edukatif

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP