KEPEMIMPINAN UNTUK ABAD 21


Memasuki abad 21 seluruh dunia ditandai dengan adanya berbagai perubahan dan bermacam tragedi kemanusiaan yang berpengaruh cepat pada berbagai segi kehidupan bangsa dan negara seperti dibidang idiologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan yang mendunia. Dari runtuhnya idiologi komunis di berbagai negara blok timur dan berganti dengan muncul paham demokrasi, resesi ekonomi yang melanda banyak negara, krisis pangan, bencana alam, kelaparan, pornografi, invasi negara adi daya kepada negara kecil, terorisme, climate change, pemanasan global, penyebaran penyakit yang mematikan (aids, sars, ebola), embargo ekonomi sampai embargo senjata, networking dan teknologi komunikasi yang canggih. Disamping perubahan psikologi massa juga perubahan situasi dan kondisi masyarakat pada frekuensi dan eskalasi yang tinggi.

Dunia dalam situasi yang demikian kita harus dapat mensinergikan antara berbagai potensi yang dimiliki berbagai bangsa agar dapat berdayaguna untuk kemaslahatan umat, sekaligus mengurangi resiko tragedi kemanusiaan yang mungkin timbul. Kita harus bisa memilah, memilih dan mencoba berbagai metode dan SDM pada waktu dan tempat yang tepat pula. Usaha yang tidak kalah penting adalah kemampuan merencanakan, pelaksanaan, kontrol dan evaluasi dan tindak lanjut sebagai rangkaian dari sistem manajemen, khususnya menejemen sistem dan kerja tim.
Pemimpin pada situasi seperti diatas dapat diemban oleh seseorang yang memiliki talenta, juga memilki hal-hal sebagai berikut:
1. Cerdas dan cepat tanggap pada situasi lingkungan fisik maupun lingkungan psikis
2. Sehat lahir dan bathin
3. Mampu bekerjasama (Trust) dalam tim, Amanah, sabar dan berwibawa.
4. Memiliki dan mampu menjalankan visi dan misi global, regional dan nasional.
5. Mampu memanaj semua aspek kehidupan bangsa.
6. Diplomasi Cinta damai dan mampu bernegosiasi dengan lawan politik.
7. Mendahulukan kepentingan umum dari pribadi dan rela berkorban demi bangsa dan negara,
8. Memiliki sifat kesetiakawanan sosial, menghormati kawan dan lawan.
9. Mampu berkomunikasi dengan lapisan masyarakat Indonesia dan dunia
10. Memiliki Pengalaman atau dan pengetahuan yang baik dalam berbagai bidang pemerintahan dan kenegaraan serta adaptif terhadap perubahan global.
11. Dapat mewarnai, bukan diwarnai dalam suatu Perjanjian atau MOU yang dibuat.
12. Mampu menggagas gerakan keselamatan Lingkungan hidup dengan adanya Climate Change dan Global Warming.
13. Mampu menganalisis, mengontrol dan mengendalikan dan berbuat dengan Analisa SWORT
14. Mampu mempersatukan NKRI
15. Anti KKN
16. Mampu mengembangkan dan mengendalikan Semangat Demokrasi dll.
Dalam keadaan apapun seorang pemimpin abad 21 selain memiliki kemampuan diatas, hal yang tak kalah penting adalah kecerdasan ESQ, sehingga kehidupannya dalam keadaan seimbang lahir bathin dan dunia akhirat.
Pemimpin adalah pemimpi yang dapat menggunakan masa lalu sebagai pedoman dan dapat beradaptasi terhadap kenyataan (kekinian) untuk mengambil keputusan untuk masa depan (future).

0 komentar:

Blog Edukatif

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP