KUBAH MASJID

Masjid adalah rumah Allah SWT.
Masjid adalah tempat untuk perlindungan diri dari bencana alam, bencana kemanusiaan.
Masjid adalah hotel bagi musafir.
Masjid adalah tempat aktifitas keagamaan dan aspek kehidupan masyarakat kaum muslim (termasuk didalamnya IPOLEKSOSBUDHAMKAM).
Masjid juga dapat berupa bekas gereja, bekas kelenteng, bekas candi, bekas pura (asal sudah syah pemilikkannya secara hukum melalui jual beli, hibah dll), tanpa harus mngubah arsitek bangunan lama, hanya asesories dan ornamen yang bertentangan dengan akidah dan akhlak saja yang di ganti.

Masjid adalah bangunan yang secara umum memiliki atap yang khas yang disebut kubah, biasanya di lengkapi menara baik terpisah atau menyatu dengan bangunan utama atau tidak sama sekali memiliki menara.
Mengapa hampir semua masjid memiliki kubah ?
Mengapa kubah menjadi ikon sebuah masjid ?
Karena kubah itu unik, megah dan yang paling penting sebagai AC (air condition), kok bisa ? ya bisa lah coy.
Kubah masjid sebagai AC, dapat di jelaskan secara ilmu fisika sebagai berikut: Bentuk kubah seperti setengah bola atau bulat telur atau bentuk apapun asal ada terbentuk sebuah ruangan yang berisi udara. Jika kubah sebagai atap menerima panas dari sinar matahari, maka udara dalam kubah mengalami pemanasan pula. Udara yang mengalami pemanasan menjadi renggang sehingga tekanan udara menjadi lebih rendah dari udara di ruang aula di bawah kubah, akibatnya udara dari bawah kubah mengalir ke dalam kubah dan udara yang mengalir ke dalam kubah secara otomatis digantikan oleh udara yang berhasil dari luar masjid. Sementara udara dalam kubah terus mengalami pemanasan dan memuai keluar melalui ventilasi disekitar kubah yang berada diatas atap.
Jika aliran udara ini stabil dan teratur maka temperatur di ruang masjid akan turun.
Teknologi kubah ini kurang dirasakan keberadaannya kini karena adanya teknologi dinding kaca, sehingga effek rumah kaca lebih dominan dirasakan (panas).

0 komentar:

Blog Edukatif

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP