Pontianak Sebagai Pusat Bisnis ASEAN ?


Pontianak dengan segala pontensinya, mampukah ia menjadi pusat pertumbuhan ekonomi global ?
Pontianak dengan penduduk yang sangat beragam dengan didominasi dua suku besar Melayu dan Cina.

Cobalah anda berdiri diatas kota Pontianak pada selembar peta Asia atau peta Indonesia sembari menghadap ke utara, amati diatas Pontianak (depan Kita) Kepulauan Natuna yang kaya minyak dan gas, terus ke atasnya lagi lautan Cina Selatan yang dikelilingi negara Macan Asia Yang maju pesat industrinya sekarang barang dari Cina dan Korea serta Jepang sudah banyak mendominasi pasar elektronika,digital sampai teknolologi antariksa dan antar maya. Perhatikan disebelah kiri kita (Timur) ada Hutan Kalimantan yang hijau royo-royo dengan ujungnya Kota besar Samarinda
, Balik Papan. Agak ke Tenggara ada PalangkaRaya, Banjarmasin. Bisa di bayangkan jika jalan negara yang menghubungkan kota-kota dseluruh daratan P, Kalimantan ini rampung dengan nama Trans Kalimantan, xie...xie... Pontianak pasti lebih bersolek, maklum banyak tamu datang... itu pasti sobat. Agak keatas Timur laut ada Kuching, Miri, Bandar Sri Begawan dan berujung Kinabalu. Paling menentukan adalah sebelah barat ada Batam kota satelitnya Singapore, Negara Singapore, terus ke barat sedikit Kuala Lumpur, agak ke barat daya Provinsi Bangka Belitung yang kaya Timah dan barang tambang lainnya.
Tidak tertutup kemungkinan dalam perdagangan bebas kedepan Pontianak dapat menjadikan dirinya Center Of Excelent dari kota-kota dan daerah di sekelilingnya. Untuk menjamah itu masih banyak yang harus kita benahi.
Ada beberapa hal yang wajib direncanakan dan disiapkan untuk mewujudkan hal tersebut seperti :
1. Infrastrukstruktur yang baik (Listrik yang 99% tidak nyala terus, Teknologi
informasi dan Telekomunikasi, Perhubungan darat, laut dan udara dengan standar Internasional serta tersedia sarana akomodasi yang memadai)
2. Aparatur, birokrat dan SDM pendukung yang bervisi kedepan transparant dan jujur serta menguasai IPTEK dan IMTAQ.
3. Tersedianya Fundamen Budaya daerah, Nasional, Internasional dan Pendidikan berbasis Keunggulan Lokal lainnya sebagai ciri khas daerah.
4. Kerjasama, MOU dan pembentukan jalur dagang dengan konsen pada Pontianak-Kuching-Bandar Sri Begawan- Kuala Lumpur-Singapore-Batam- BaBel-Pontianak
5. Peningkatan kesejahteraan rakyat Pontianak Khususnya dan Kalbar Umumnya.
6. Perangkat UU, Perda dan hukum adat yang tertulis dan dapat mudah diakses internasional serta regulasi lainnya.
7. Keamanan dan pertahanan yang siap sepanjang waktu.
Demikian antara lain hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memajukan Pontianak sebagai colan primadona ASEAN.
Hai sobat kalau ada ide silahkan kita gabungkan gitu untuk kota kite jua. ye.. ye...
Selamat Berjuang Kota Pontianak Yang Legendaris.



0 komentar:

Blog Edukatif

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP