Kambing/Domba

Jenis kambing itu macam-macam ada kambing kacang, bentuk badannya kecil padat, geraknya lincah. Kambing gembel , lajim disebut domba, bentuk badannya lebih besar dan panjang, buluh badannya panjang dan keriting. Kambing aduan, bentuk badan besar tanduk kuat, emosinya tinggi.

Kasihan hewan ini selalu menjadi korban berbagai kegiatan manusia di Indonesia, seperti kegiatan hari raya Idul Adha, kambing jadi korban disembelih,

Akikah kelahiran anak manusia lagi-lagi kambing disembelih,

Buat sate , kambinglah yang paling dicari, juga disembelih.

Buat tontonanpun biasa, kambingpun diadu.

Suatau yang sangat klasik, untuk suatu solusi yang ngawur, maka dicarilah kambing hitam. Ini fitnah yang sudah lajim di tanah bertuah ini.


Kambing masih beruntung dibanding kerbau atau sapi, ape sebab? Karena pertama kambing hewan yang paling popular, karena namanya paling banyak disebut dan berperan dalam kejadian istimewa didalam Injil dan Al Qur’an. Kedua Kambing belum pernah dipaksa menarik gerobak atau menarik bajak, kerja paksa itu lho.

Banyak diantara para nabi selalu berhubungan dengan kambing/domba ini, baik sebagai pemilik kambing yang diuji oleh Allah, atau sebagai penggembala kambing dengan segala ujian dan kesulitannya.

Memang sudah Sunatullah bahwa kambing mempunyai karakter tidak penurut pada pimpinan, hewan ini tidak seperti ternak lain yang berjalan mengikuti teman/pimpinan yang berjalan didepannya, tetapi hewan ini selalu mencari jalan masing dan berubah setiap saat. Disinilah mungkin Allah memberikan hikmah kepada para nabi agar belajar dari apa yang terjadi pada sekelompok penggembalaan kambing, agar sukses dalam memimpim umat yang memiliki sifat-sifat beragam.

Yang tak kalah serunya dalam pesta-pesta pergaulan bebas tertentu, kambing menjadi korban dijadikan kambing guling, dipanggang diatas bara api ditusuk dari kepala sampai ke pantat, diputar-putar, di bumbuhi, diiris-iris, digigit, dikunyah, ditelan dan lenyap,……lenyap lesap.


0 komentar:

Blog Edukatif

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP