Robo’-Robo’ (MUI satu lagi PR buatmu 2)

Hari Rabu ini tanggal 25 Februari 2009 Sei Kakap dan Mempawah (Kalimantan Barat) serta kota lainnya sangat ramai bagai pesta rakyat.
Robo’- robo’ begitu populer di daerah pantai Kalimantan Barat
nama Robo’- robo’ yang diambil dari nama hari H pelaksanaan acara khas ini yaitu hari Rabu.
Seminggu sebelum hari H kegiatan persiapan sudah tampak mulai menggeliat perlahan baik inisiatif masyarakat, maupun pemerintah setempat dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan sampai Bupati.
Para pemuka masyarakat, pemuka Agama, dan Pemerintahan dan warga setempat siap sambut tamu dan semua kegiatan yang dipersiapkan dan akan dilaksanakan.
Toko, restorant, cafe, pasar, rumah penduduk, jalan dan gang semua berbenah, bersih-bersih, sehingga daerah lebih ramai, lebih indah.
Pedagang musiman dengan berbagai komoditas sibuk membuat toko tenda dan lapak darurat untuk menggelar dagangannya.
Kehadiran para pengunjung dan para pedagang ini akan meningkatkan uang yang beredar, dengan harapan akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.
Masyarakat sekitar jauh dekat berbondong, anak istri dan seluruh keluarga semua sibuk dan berramai-ramai mengunjungi pasar dadakan dan terutama hari ayang ditunggu hari Rabu sebagai puncak acara.
Pada hari Rabu itulah ada acara ritual BUANG-BUANG (semacam sajian atau melarung) di muara sungai atau di laut dengan menggunakan sampan atau alat apung lainnya.
Robo’-robo’ sebuah budaya ?.
Robo’-robo’ sebuah ritual Agama ?
Robo’-robo’ sebuah budaya yang dibumbuhi Agama ?
Robo’-robo’ sebuah ritual agama yang dibumbuhi Budaya ?
Tak usah sobat jawab pertanyaan itu ! biar aja pertanyaan itu tetap begitu tertulis dan dibaca seperti itu.
Rasanya ingin jawaban yang pasti dengan kajian yang komfrehemsif (lengkap menyeluruh) dengan argumentasi yang paten dan syar’i tentunya.
Sangat kami harapkan MUI dapat mengerjakan PR lama ini sesegera mungkin hingga tahun depan gawe ini mendapat status hukum yang jelas.
PR lagi capeeeek kaleeee.... Ayo semangat pagi, demi ummat Pak Kiayi.
Maaf dan Terima Kasih.
Wassalam W. W.




0 komentar:

Blog Edukatif

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP